Penggunaan Klausa Pada MySQL

Di  MySQL, kita mengenal adanya query SELECT untuk mengambil dan menampilkan data yang ada pada suatu tabel di database. Terkadang, kita ingin menampilkan data berdasarkan kondisi tertentu, maka disinilah klausa MySQL digunakan. Klausa MySQL terdiri dari beberapa macam diantaranya sebagai berikut:

KLAUSA WHERE

Di artikel sebelumnya tentang SQL, kita telah membahas sekilas tentang klausa WHERE pada query SELECT. Klausa ini digunakan untuk mengatur kondisi pada query SELECT baik itu ketika mengambil data, memperbaharui data, ataupun menghapus data pada suatu tabel.

Penerapan Klausa WHERE

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel mahasiswa dengan data sebagai berikut:

Dari tabel di atas, kita akan menerapkan klausa WHERE dengan statement SELECT seperti query di bawah ini:

Dari query di atas, kita akan menampilkan nim_mhs dan nama_mhs pada  tabel Mahasiswa dengan kondisi (nim_mhs = ‘165610062’). 

KLAUSA LIKE

Klausa LIKE digunakan bersamaan dengan klausa WHERE yang berfungsi untuk menampilkan data pada tabel berdasarkan keyword pencarian yang akan ditampilkan. Di dalam klausa LIKE terdapat dua tipe operator yang di gunakan yaitu:

1.   Tipe % : mewakili nol, satu atau lebih dari satu karakter.

ü     %A : Tipe ini bisa diletakkan sebelum keyword yang dicari (%A) dimana akan ditampilkan karakter dengan panjang berapapun yang di akhiri dengan huruf  ‘A’. Contoh query:

    

Query diatas menampilkan data tabel mahasiswa berdasarkan kolom jurusan_mhs yang diakhiri huruf ‘I’.

ü     B% : Tipe ini juga bisa diletakkan setelah keyword yang dicari (B%) dimana akan ditampilkan karakter yang diawali dengan huruf  ‘B’. Contoh Query:

    

Query diatas menampilkan data tabel mahasiswa berdasarkan kolom jurusan_mhs yang diawali huruf ‘T’.

ü     %C% : Tipe ini dapat diletakkan sebelum dan sesudah keyword yang dicari (%C%) dimana akan ditampilkan karakter yang mengandung huruf ‘C’. Contoh query:

      

Query diatas menampilkan data tabel mahasiswa berdasarkan kolom nama_mhs yang mengandung huruf ‘O’

2.   Tipe _ : mewakili hanya satu karakter saja.

Contoh query:

Query diatas menampilkan data tabel mahasiswa berdasarkan kolom nama_mhs yang diawali huruf ‘R’ diikuti dengan dua karakter bebas dan diakhiri dengan huruf  ‘i’ .

KLAUSA ORDER BY

Klausa ORDER BY digunakan untuk mengurutkan data yang diambil dengan perintah SELECT. 

Penerapan Klausa ORDER BY

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel Barang dengan data seperti berikut:

Di bawah ini kita akan menampilkan data tabel Barang berdasarkan harga_barang dari urutan terkecil ke urutan terbesar dengan query di bawah ini:

Untuk menampilkan data barang berdasarkan harga_barang dari urutan terbesar ke urutan terkecil, maka kita bisa menambahkan keyword DESC seperti query di bawah ini:

KLAUSA GROUP BY

Klausa GROUP BY digunakan untuk mengelompokkan data hasil query SELECT berdasarkan satu atau beberapa kolom.

Penerapan Klausa GROUP BY

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel Mahasiswa dengan data seperti berikut:

Contoh query 1:

Query di atas akan menampilkan kolom jurusan_mhs dari tabel Mahasiswa yang dikelompokkan berdasarkan jenis jurusan pada kolom jurusan_mhs.

Contoh query 2:

Di bawah ini kita akan menambahkan klausa WHERE seperti berikut:

Query di atas akan menampilkan kolom tahun_angkatan dari tabel Mahasiswa yang dikelompokkan berdasarkan tahun_angkatan dimana kolom tahun_angkatan diatas 2015.

KLAUSA HAVING

Klausa HAVING digunakan untuk memberikan kondisi untuk sebuah statement sama halnya dengan klausa WHERE. Bedanya adalah klausa HAVING disertai dengan Fungsi Agregasi sedangkan untuk klausa WHERE tidak.

Penerapan Klausa HAVING

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel Barang dengan data seperti di bawah ini:

Contoh query :

Query diatas menampilkan nama barang dengan harga lebih dari 5000 berdasarkan semua penjualan yang dilakukan sehingga didapatkan baris tabel untuk barang dengan jenis Pulpen.  

Posting Komentar

0 Komentar