Pengertian MySQL, fungsi dan Kelebihannya

Bagi kalian yang sudah terbiasa membangun sebuah website, pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya database?. Semua data yang terdapat di dalam website baik itu berupa file, gambar, tabel dan lainnya akan disimpan dan dikelola secara bersama-sama oleh database. Terdapat banyak pilihan sistem database yang dapat kita gunakan. Salah satu database yang paling sering di gunakan saat ini adalah database MYSQL. Seperti apa database MySQL? Apa fungsinya? dan apa saja kelebihannya? Mari kita bahas di bawah ini.

Pengertian MySQL



MySQL dapat diartikan sebagai suatu sistem manajemen database yang bersifat relasional dan merupakan bagian dari RDBMS (Relational Database Management System)Dikatakan relasional karena di dalam suatu database terdiri dari banyak tabel yang saling berhubungan. MySQL pertama kali diciptakan oleh seorang programmer komputer asal Swedia pada tahun 1979, yaitu Michael "Monty" Widenius. 

Untuk bahasa yang di gunakan pada MySQL sendiri berupa SQL (Structured Query Language). Bahasa SQL digunakan untuk mengakses data pada database relasional. SQL ini berisikan berbagai instruksi atau perintah yang digunakan untuk memanipulasi data yang terdapat di dalam database. Kita bisa ambil contoh penggunaan CRUD (Create, Read, Update dan Delete) dimana kita bisa membuat data baru (Create), membaca data (Read), edit data (Update), dan hapus data (Delete).

MySQL ini merupakan salah satu software RDBMS yang bersifat open source dimana kita bisa melakukan penginstallan, menggunakan, bahkan kita dapat melakukan modifikasi pada source code sesuai dengan kebutuhan kita tanpa harus membayar lisensi. Walaupun bersifat gratis, MySQL ini nyatanya banyak di gunakan oleh developer-developer di seluruh dunia karena banyaknya kelebihan yang dimiliki. 

Fungsi MySQL

Adapun fungsi dari Mysql berdasarkan pengertian di atas adalah MySQL sebagai suatu sistem yang digunakan untuk manajemen data di dalam database, dengan menggunakan SQL sebagai bahasa pemrogramannya.

Dengan SQL, data-data yang terdapat di dalam database dapat kita kelola untuk dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan lalu menampilkannya menjadi informasi yang berguna. Misalnya terdapat data yang perlu diperbaharui, maka kita bisa menggunakan perintah SQL Update. Atau terdapat data yang sudah tidak dibutuhkan, maka kita bisa menggunakan perintah SQL Delete dan perintah SQL lainnya.

Kelebihan dan kekurangan MySQL

MySQL merupakan salah satu manajemen database yang cukup popular di kalangan developer saat ini karena berbagai kelebihan yang di miliki. Namun, di balik kelebihannya tentunya Mysql memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan MySQL.

Kelebihan MySQL

a.   MySQL Adalah Software Open Source

MySQL merupakan Software open source, yang gratis digunakan. Dengan kita menggunakan Software open source, maka biaya yang di butuhkan jauh lebih sedikit dan lebih aman karena setiap user dapat mengakses source code dari software tersebut sehingga ketika terjadi problem dapat terselesaikan dengan mudah.

b.  MySQL bersifat portability

MySQL adalah server database yang dapat berjalan pada platform yang berbeda seperti Linux, Solaris, Windows dll. Ini merupakan pilihan yang bagus untuk pembuatan sebuah aplikasi web karena menargetkan banyak plarform. MySql mendukung banyak bentuk platform dengan berbagai bahasa seperti C, C ++, PHP, PERL, JAVA, Python dll.

c.   MySQL Mudah Berinteraksi dengan Bahasa Lain

Dengan menggunakan MySQL, kita bisa lebih mudah mengembangkan suatu website walaupun terdiri dari beberapa bahasa pemrograman karena MySQL dapat berinteraksi dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

d.  MySQL Memiliki Tipe Data Yang Bervariasi

MySQL mendukung berbagai macam tipe data seperti integer, float, char, date dan tipe data lainnya. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih mudah dalam mengembangkan suatu aplikasi.

e.   MySQL Mendukung Multi User

Mysql tidak hanya dapat digunakan untuk satu user saja namun untuk banyak user sekaligus. Hal ini sangat berguna ketika kita membangun sebuah proyek yang dikerjakan secara tim sehingga dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

f.    MySQL Memiliki Keamanan yang terjamin

Walaupun MySQLbersifat open source, sistem keamanan di dalamnya tentunya tidak dapat dikatakan buruk. Mysql menyediakan fitur bagi user untuk dapat mengatur hak akses (privilage) yang berfungsi untuk mengatur siapa saja user yang dapat mengakses data di dalam database.

Kekurangan MySQL

a.   MySQL tidak mendukung ukuran database yang sangat besar.

b.  MySQL tidak menangani transaksi dengan  efisien.

c.  MySQL  rentan terhadap kerusakan data.

d.   MySQL tidak memiliki alat pengembangan dan debugging yang baik jika kita dibandingkan dengan database yang lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar