Menampilkan Data pada Tabel MySQL (SELECT QUERY)

Sebelumnya kita telah mempelajari cara Menambahkan Data pada Tabel MySQL menggunakan perintah INSERT. Kali ini kita akan mempelajari cara menampilkan data di MySQL menggunakan perintah SELECT. Di artikel tentang Mengenal SQL, kita telah membahas sekilas tentang perintah SELECT ini. Perintah SELECT masuk ke dalam DQL (Data Query Language) yang merupakan query yang berfungsi untuk mengambil dan menampilkan data dari tabel berdasarkan kondisi yang user tentukan.

Menampilkan Seluruh Kolom Tabel

Query SELECT untuk menampilkan seluruh kolom pada tabel merupakan query SELECT yang paling sederhana dan paling sering digunakan. Penulisan query SELECT ini dapat dilihat pada gambar berikut:

Tanda (*) merupakan wildcard yang digunakan sebagai pengganti perintah untuk memilih semua kolom. Contoh query menampilkan data tabel Mahasiswa:

Menampilkan Kolom Tertentu pada Tabel

Untuk menampilkan kolom tertentu pada tabel, kita bisa gunakan perintah SELECT seperti berikut:

kolom1 dan kolom2 merupakan nama kolom yang akan ditampilkan. Disini pada tabel Mahasiswa, kita akan menampilkan kolom nama_mhs dan jurusan_mhs dengan query sebagai berikut:

Menampilkan Data dengan kondisi (Klausa WHERE)

Klausa WHERE digunakan untuk mengatur kondisi pada query SELECT baik itu ketika mengambil data, memperbaharui data, ataupun menghapus data pada suatu tabel. Penulisan query SELECT dengan klausa WHERE:

Dibawah ini kita akan menampilkan nama_mhs dan jurusan_mhs pada Tabel Mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika:

Kondisi WHERE memiliki beberapa operator selain operator ‘=’ seperti dibawah ini:

Operator WHERE

Deskripsi

=

Sama dengan

!= atau <>

Tidak sama dengan

< 

Lebih kecil dari

<=

Lebih kecil atau sama dengan

> 

Lebih besar dari

>=

Lebih besar atau sama dengan

BETWEEN

Diantara jarak nilai yang ditentukan

IN

Berada di dalam

LIKE

Mencari pola nilai

IS NULL

Cek apakah berisi NULL

IS NOT NULL

Cek apakah tidak berisi NULL

OR atau ||

Logika atau

AND atau &&

Logika dan


Menampilkan nama_mhs dan jurusan_mhs != ‘Teknik Informatika’.

Menampilkan nama_mhs dan jurusan_mhs menggunakan operator LIKE dimana jurusan_mhs diawali dengan karakter bebas dan diakhiri dengan karakter ‘A’.

Menampilkan Data dengan kondisi (Klausa ORDER BY)

Klausa ORDER BY digunakan untuk mengurutkan data yang diambil dengan perintah SELECT. Di bawah ini kita akan menampilkan data tabel Mahasiswa yang diurutkan berdasarkan urutan abjad menggunakan keyword ASC pada kolom nama_mhs sebagai berikut:

Posting Komentar

0 Komentar