Memahami Fungsi Agregasi pada MySQL

Di dalam query MySQL kita mengenal adanya fungsi Agregasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekumpulan nilai dan menampilkan ke dalam satu nilai tunggal. Fungsi agregasi terdiri dari beberapa macam yaitu:

SUM()

Fungsi SUM() digunakan untuk mendapatkan total jumlah field yang bernilai angka. Dibawah ini penerapan fungsi agregasi SUM() untuk mendapatkan total harga_barang dari tabel Barang sebagai berikut:

Dari tabel diatas kita gunakan query sebagai berikut:

Dari query diatas, didapatkan total harga barang dari kolom harga_barang sebanyak 13000 dengan memberikan nama kolom alias dengan keyword ‘AS’ yaitu total_harga_barang.

COUNT()

Fungsi COUNT() digunakan untuk menghitung banyak record yang ada pada suatu tabel. Dibawah ini penerapan fungsi agregasi COUNT() untuk menghitung jumlah mahasiswa dari tabel Mahasiswa sebagai berikut:

Dari tabel diatas kita gunakan query sebagai berikut:

Dari query diatas, didapatkan total jumlah mahasiswa dari kolom nama_mhs sebanyak 4 mahasiswa dengan memberikan nama kolom alias dengan keyword ‘AS’ yaitu jumlah_mhs.

AVG()

Fungsi AVG() digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata dari field yang bernilai angka. Dibawah ini penerapan fungsi agregasi AVG() untuk mencari nilai rata-rata harga_barang dari tabel Barang sebagai berikut:

Dari tabel diatas kita gunakan query sebagai berikut:

Dari hasil query diatas didapatkan rerata harga barang adalah 2600. Adapun fungsi dari ROUND sendiri adalah untuk membulatkan angka desimal.

MIN()

Fungsi MIN() digunakan untuk mendapatkan nilai terendah (Minimum) dari field yang bernilai angka. Dibawah ini penerapan fungsi agregasi MIN() untuk mencari nilai terendah dari tabel Barang menggunakan query sebagai berikut:

Dari hasil query diatas didapatkan harga barang minimum adalah 1000.

MAX()

Fungsi MAX() digunakan untuk mendapatkan nilai tertinggi (Maksimum) dari field yang bernilai angka. Dibawah ini penerapan fungsi agregasi MAX() untuk tabel Barang menggunakan query sebagai berikut:

Dari hasil query diatas didapatkan harga barang maksimum adalah 5000.

Posting Komentar

0 Komentar