Memahami Tipe Data Float pada PHP

Sebelumnya telah di bahas tipe data pada PHP seperti tipe data integer dan tipe data string. Pada tutorial kali ini, kita akan mempelajari penggunaan tipe data float pada PHP.

Pengertian Tipe Data Float

Tipe data float merupakan tipe data yang komponennya terdiri dari angka pecahan. Tipe data ini akan menyertakan tanda titik sebagai penanda angka decimal pada suatu bilangan (floating point) misalnya 3.14 atau 0.99.

Tipe data float bisa kita gunakan ketika tipe data integer tidak dapat mendukung nilai data dalam bentuk bilangan pecahan karena tipe data integer hanya mampu mendukung bilangan bulat.

Penulisan Tipe Data Float

Untuk penulisan tipe data Float pada PHP, kita bisa menggunakan dua metode yaitu menggunakan cara biasa misalnya 0.92 atau 2.33, dan menggunakan metode Scientific E-Notation.

Apa itu metode Scientific E-Notation?

Scientific E-Notation merupakan suatu metode penulisan bilangan yang memiliki angka decimal, baik yang bernilai besar ataupun kecil untuk ditulis menjadi lebih sederhana. Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Hasil output:

1.   Variable $float memiliki nilai 0.2. Penulisan nilai float seperti ini biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2.   Sedangkan untuk variable $scientific memiliki nilai 7.65E-3. Nilai ini menggunakan metode penulisan Scientific E-notation dan akan di tampilkan menjadi real number di halaman browser.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini!

Dari gambar di atas kita bisa lihat bahwa:

1.   Bentuk standar atau real number dari variable $scientific di atas adalah 0.0076523.

2.   Dari bentuk standar di atas, kita ubah ke dalam bentuk scientific notation menjadi 

3.   Kita juga bisa menggunakan tanda sisipan (^) sehingga menjadi 7.65x10^-3. Tanda ^ merupakan pangkat yang di gunakan untuk angka 10.

4.   Untuk menjadikannya Scientific E-notation, angka 10 akan menjadi karakter “E” dan -3 merupakan jumlah pangkat dari angka 10. Jadi bentuknya menjadi 7.65E-3. Penulisan menggunakan Scientific E-notation tentu menjadi lebih sederhana jika dibandingkan menggunakan real number atau bentuk standarnya.

Posting Komentar

0 Komentar