Memahami Tipe Data String pada PHP


Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu tipe data serta membahas salah satu tipe data PHP yaitu pada PHP tipe data integer. Pada tutorial kali ini akan di bahas tipe data lainnya yaitu tipe data string.

Pengertian Tipe Data String

Tipe data String pada PHP merupakan tipe data yang komponennya terdiri dari suatu teks, kalimat, ataupun sekumpulan karakter tertentu yang tersusun dari huruf, angka, atau simbol.

Kita ambil contoh teks “Mari” , kalimat “Mari Belajar PHP”, atau sekumpulan karakter huruf dan angka “PHp5”. Jadi, semua karakter yang terdapat di dalam tanda petik termasuk ke dalam string.

Penulisan Tipe Data String

Secara umum penulisan tipe data string dapat di kategorikan menjadi dua metode, yaitu menggunakan petik 1 ‘’ (Single Quote) dan menggunakan petik 2 “” (Double Quote).

Kedua metode ini memiliki beberapa perbedaan dalam penulisannya.

Menggunakan Single Quote

Penulisan Single Qoute ditandai dengan simbol petik 1 (‘’). Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Hasil Output:

1.   Untuk $teks1 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Tipe data String PHP”. Variable ini hanya berupa kalimat biasa.

2.   Untuk $teks2 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Can\'t playing game”. Tanda (\’) di gunakan untuk menyertakan symbol petik 1 (‘) setelah karakter n sehingga yang akan di tampilkan adalah “Can't playing game”.

3.   Untuk $teks3 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Change Direktori ke C:\\xampp\\htdocs”. Tanda \\ di gunakan untuk menyertakan symbol backslash (\) sehingga akan di tampilkan “Change Direktori ke C:\xampp\htdocs”. Namun symbol backslash pada single quote juga bisa di tampilkan tanpa menyertakan symbol \\.

4.   Untuk $teks4 akan di tampilkan nilai variable untuk membuat baris baru setelah kalimat New Line menggunakan symbol \n. Namun symbol ini tidak berlaku di Single Qoute sehingga yang di tampilkan adalah tampilan aslinya.

5.   Untuk $teks5 akan di tampilkan nilai dari variable $teks, namun symbol dollar $ akan di anggap sebagai karakter biasa pada single Qoute sehingga yang di tampilkan adalah tampilan aslinya.

Menggunakan Double Quote

Penulisan Double Qoute di tandai dengan simbol petik 2 (“”). Mari kita lihat contoh di bawah ini:

Hasil output:

1.   Untuk $teks5 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Tipe data String PHP”. Variable ini hanya berupa kalimat biasa.

2.   Untuk $teks6 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Can't playing game”. Untuk menampilkan Tanda petik 1 (‘) pada double quote, kita bisa langsung menyertakannya tanpa menggunakan symbol (\’).

3.   Untuk $teks7 akan di tampilkan nilai variable yaitu “Change Direktori ke D:\PHP\document”. Untuk menampilkan Tanda backslash (\) pada double quote, kita bisa langsung menyertakannya tanpa menggunakan symbol (\\).

4.   Untuk $teks8 akan di tampilkan nilai variable $teks5. Dengan menggunakan double quote, kita bisa memanggil variable tertentu dan menampilkan nilainya. Berbeda dengan single quote, penulisan tanda $ untuk pemanggilan variable akan di anggap sebagai karakter biasa.

Perbedaan Single Quote dan Double Quote

Di atas kita sudah mencoba beberapa jenis penulisan untuk single quote dan double quote. Berdasarkan contoh-contoh diatas, kita bisa ambil kesimpulan untuk perbedaan dari kedua quote ini adalah:

Single quote akan menampilkan tampilan berdasarkan apa yang ada pada isi suatu variable.

Double quote tidak hanya menampilkan tampilan isi suatu variable tetapi bisa digunakan untuk memanggil variable tertentu.

Posting Komentar

0 Komentar