Memperbaharui Data pada Tabel MySQL (UPDATE QUERY)

 

Sebelumnya kita telah mempelajari cara Menambahkan Data pada Tabel MySQL dan Menampilkan Data pada Tabel MySQL menggunakan CMD. Kali ini kita akan mempelajari cara memperbaharui data pada MySQL. Di MySQL kita mengenal adanya query UPDATE untuk memperbaharui data.

Query update digunakan untuk memperbaharui baris atau record pada suatu tabel sesuai dengan kondisi yang user tentukan. Dibawah ini kita gunakan tabel Mahasiswa dengan data sebagai berikut:

Update Data pada Tabel

Untuk memperbaharui data pada tabel, kita gunakan query UPDATE seperti di bawah ini:

ü  nama_tabel merupakan tabel yang baris atau record nya akan di update.

ü  nama_kolom merupakan kolom yang akan di update.

ü  databaru merupakan nilai baru dari data kolom yang akan di update.

ü  kondisi merupakan kondisi yang ditetapkan untuk update kolom.

Disini kita akan memperbaharui nama mahasiswa pada kolom nama_mhs dari yang semula bernama Chandra menjadi Chandrika berdasarkan nim_mhs =’165610062’ sebagai berikut:

Hasil query:

Sebelum dilakukan update data:

Setelah dilakukan update data:

Dapat dilihat bahwa sebelumnya Mahasiswa dengan nim_mhs=’165610062’ bernama  Chandra’, dan setelah di lakukan update mahasiswa dengan nim tersebut telah di update dengan nama ‘Chandrika’.

Update Data pada Tabel > 1 baris / record

Untuk memperbaharui data pada tabel lebih dari 1 baris bisa menggunakan klausa/kondisi WHERE disertai dengan operator OR atau operator AND seperti berikut:

Query diatas akan memperbaharui data pada kolom jurusan_mhs menjadi "Sistem Informasi" khusus yang memiliki nim_mhs "155410052" dan "185410020".

Sebelum dilakukan update data:

Setelah dilakukan update data:

UPDATE Seluruh Kolom pada Tabel

Memperbaharui seluruh kolom pada tabel tentu bisa berakibat fatal karena dapat merubah seluruh isi kolom sekaligus. Untuk itulah klausa/kondisi WHERE digunakan karena perubahan data yang dilakukan bisa lebih spesifik. Berikut query update seluruh kolom pada tabel:

Query diatas akan memperbaharui seluruh kolom jurusan_mhs menjadi "Sistem Informasi".

Sebelum dilakukan update data:

Setelah dilakukan update data:

Posting Komentar

0 Komentar