Membuat Primary Key dan Foreign Key pada MySQL

Seperti yang kita tahu bahwa MySQL merupakan salah satu software RDBMS yang merupakan database relasional. Mengapa dikatakan relasional? Karena tabel-tabel yang ada di dalam database saling terhubung satu sama lainnya. Lalu bagaimana cara tabel-tabel di database tersebut dapat saling terhubung. Caranya adalah dengan menambahkan Primary Key dan Foreign Key untuk setiap tabel. Apa itu Primary Key dan apa itu Foreign Key? Mari kita bahas lebih lanjut!

Primary Key pada MySQL

Primary Key atau kunci utama merupakan nilai yang digunakan untuk dapat mengidentifikasikan setiap baris pada tabel dalam suatu database.

Aturan penggunaan Primary Key:

ü  Nilai pada Primary Key harus bersifat Unique untuk dapat membedakannya dari kolom pada tabel yang lain. Sifat Unique disini juga dimaksudkan untuk menghindari adanya duplikasi data pada tabel.

ü  Nilai para Primary Key tidak boleh bernilai kosong (Not Null).

ü  Tipe data yang disarankan berupa tipe data char dan int.

ü  Setiap tabel hanya memiliki 1 Primary Key.

Membuat Primary Key pada Tabel Baru

Di bawah ini kita akan membuat tabel baru dengan perintah sebagai berikut:

Dari perintah diatas, kolom yang dijadikan sebagai primary key adalah kolom id_barang dengan tipe data integer, bersifat not null (tidak boleh kosong) dan memiliki auto_increment yang digunakan untuk menambahkan nilai dari id_barang secara otomatis setiap kali ada penambahan data pada tabel.

Menambahkan Primary Key pada Tabel Yang Sudah Dibuat

Misalkan kita sudah membuat sebuah tabel dengan nama tabel Pelanggan  yang memiliki struktur tabel sebagai berikut:

Dari tabel diatas, kolom yang memiliki kemungkinan terbesar untuk dijadikan primary key adalah kolom id_pelanggan. Langsung saja kita akan tambahkan primary key dengan perintah sebagai berikut:

ALTER TABLE disini digunakan untuk merubah struktur pada tabel dari yang sebelumnya id_pelanggan tidak bersifat Primary kita ubah menjadi Primary Key. Sekarang kita lihat struktur tabel Pelanggan setelah ditambahkan Primary Key:

Kita bisa lihat pada kolom key, tabel Pelanggan sekarang sudah berhasil ditambahkan Primary Key.

Foreign Key pada MySQL

Foreign Key atau kunci tamu akan bersifat primary key pada tabel itu sendiri dan akan menjadi Foreign Key setelah berada pada tabel lain. Fungsi dari Foreign Key ini adalah untuk menciptakan hubungan (relasi) antara satu tabel dengan tabel yang lainnya. Dengan adanya Foreign key ini maka suatu database akan selalu konsisten untuk dapat mempertahankan integritas data pada database itu sendiri.

Membuat Relasi Antar Tabel

Diatas kita sudah berhasil membuat 2 buah tabel yaitu tabel barang dan tabel pelanggan. Untuk dapat membuat relasi antar tabel tersebut, kita akan membuat 1 tabel lagi dengan nama tabel Penjualan sebagai berikut:

Dari query diatas kita akan mengatur id_barang dan id_pelanggan sebagai Foreign Key dimana id_barang merujuk pada tabel barang dan id_pelanggan merujuk pada tabel pelanggan.

Posting Komentar

0 Komentar