Membuat Database dan Tabel MySQL Menggunakan CMD

Database merupakan kumpulan dari beberapa tabel yang saling terhubung satu sama lainnya dalam RDBMS seperti MySQL. Untuk membuat database dan tabel di MySQL dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan CMD (Command Prompt) dan menggunakan tools GUI (Graphical User Interface) PHPMyadmin. Pada tutorial kali ini kita akan membuat database dan tabel menggunakan CMD.

Menjalankan XAMPP Control Panel

XAMPP Control Panel merupakan Software untuk membuat Web Server. Untuk bisa menjalankan software ini, kita jalankan XAMPP kemudian aktifkan modul Apache dan modul MySQL. Modul Apache disini digunakan sebagai server untuk menghubungkan user dan browser. Sedangkan modul Mysql digunakan sebagai server untuk dapat mengakses database.

Membuat Database MySQL

Direktori bin MySQL

Pada aplikasi MySQL yang sudah terinstall, terdapat direktori yang menyimpan aplikasi-aplikasi MySQL dalam bentuk .exe yaitu direktori “bin”. Direktori ini secara umum berfungsi untuk menangani beberapa fungsi seperti menjalankan server/client, untuk export file database dan lainnya.

Untuk membuat database baru, buka CMD kemudian Change direktori (CD) untuk masuk ke direktori MySQL dan arahkan ke direktori “bin” seperti berikut:

Mengakses MySQL

Untuk membuat database, kita akses MySQL terlebih dahulu dengan menggunakan fungsi “mysql –u root seperti di bawah ini:

Membuat Database Baru

Buat database baru dengan nama database “akademik” dengan mengetikkan perintah seperti berikut:

Cek Daftar Database

Cek daftar database yang berhasil dibuat pada MySQL Server dengan mengetikkan perintah berikut:

Kita bisa lihat pada gambar diatas bahwa database “akademik”  berada pada daftar database yang berhasil dibuat. Database dibawahnya adalah database bawaan dari MySQL yang secara otomatis dibuat saat dilakukan instalasi MySQL.

Membuat Tabel MySQL

Membuat Tabel Baru

Setelah sebelumnya kita membuat database “akademik”, selanjutnya kita buat tabel baru dengan nama tabel “Mahasiswa”. Ketik perintah "USE akademik" terlebih dahulu untuk memilih database akademik yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan tabel yang akan dibuat.

Selanjutnya kita buat tabel Mahasiswa dengan mengetikkan perintah “CREATE TABLE seperti berikut:

Tabel Mahasiswa diatas terdiri dari:

ü  Kolom nim_mhs dengan tipe data varchar (panjang karakter hingga 10 karakter), tidak boleh kosong dan dijadikan sebagai Primary Key.

ü  Kolom nama_mhs dengan tipe data varchar (panjang karakter hingga 30 karakter), tidak boleh kosong.

ü  Kolom alamat_mhs dengan tipe data varchar (panjang karakter hingga 40 karakter).

ü  Kolom jurusan_mhs dengan tipe data varchar (panjang karakter hingga 20 karakter).

Menampilkan Tabel Mahasiswa

Kita tampilkan apakah tabel Mahasiswa sudah berhasil dibuat dengan mengetikkan perintah "SHOW TABLES" sebagai berikut:

Melihat Struktur Tabel

Untuk melihat struktur tabel Mahasiswa seperti kolom, type data, key dan lainnya kita bisa menggunakan perintah "DESC Mahasiswa" sebagai berikut:

Posting Komentar

0 Komentar