Tipe Data String pada MySQL

 

Sebelumnya kita telah membahas tentang Tipe Data NUMERIK pada MySQL. Kali ini kita akan membahas mengenai tipe data STRING pada MySQL.

Tipe Data String

Tipe data String merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks. Tipe data String terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut:

CHAR & VARCHAR. Tipe data CHAR dan VARCHAR merupakan tipe data string yang memiliki fungsi yang sama, namun berbeda dalam cara penyimpanan dan pengambilan datanya. Kedua tipe data ini juga berbeda dalam panjang maksimum.

Tipe data CHAR dan VARCHAR dideklarasikan dengan panjang yang menunjukkan jumlah maksimum karakter yang akan kita simpan. Panjang kolom CHAR dapat berupa nilai apa pun dari 0-255. Sedangkan Nilai dalam kolom VARCHAR adalah string dengan nilai dari 0- 65.535.

BLOB dan TEXT. Tipe data BLOB berfungsi untuk menampung sejumlah data variabel. Tipe BLOB terdiri dari TINYBLOB (menyimpan data biner/gambar ukuran kecil), BLOB(menyimpan data biner), MEDIUMBLOB(menyimpan data biner/gambar ukuran sedang), dan LONGBLOB(menyimpan data biner/gambar ukuran besar). Yang membedakan keempat jenis tipe BLOB diatas adalah panjang maksimum nilai yang dapat digunakan. Sedangkan untuk tipe data TEXT terdiri dari TINYTEXT, TEXT, MEDIUMTEXT, dan LONGTEXT. Keempat jenis tipe data text sama-sama berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk text.

ENUM. Tipe data ENUM adalah objek string dengan nilai yang dipilih dari daftar nilai yang diizinkan yang disebutkan secara eksplisit dalam spesifikasi kolom pada saat pembuatan tabel. Contoh:

Dari query diatas, daftar nilai yang diizinkan pada saat pembuatan tabel yang dimaksud adalah (‘Kecil’,’Sedang’,’Besar’). Dibawah ini kita akan coba menambahkan data dengan query sebagai berikut:

Pada tipe data ENUM, nilai yang dapat dipilih hanya satu. Untuk membuktikannya kita eksekusi query di bawah ini:

Kita lihat dari query diatas, saat kita insert data dengan nilai ‘Mini Dress’ dan Size ‘M,L’ , data size tidak diinputkan pada kolom size karna tipe data ENUM hanya dapat memilih stau nilai saja.

SET. Tipe data SET adalah objek string yang dapat memiliki nilai nol atau lebih, yang masing-masing harus dipilih dari daftar nilai yang telah ditentukan pada saat tabel dibuat. Pada tipe data SET, nilai yang dapat dipilih bisa lebih dari satu berbeda dengan tipe data ENUM yang hanya dapat memilih satu nilai saja. Contoh:

Setelah kita membuat tabel baju, sekarang kita coba untuk menambahkan data pada tabel dengan query sebagai berikut:

Dari hasil query diatas, kita bisa lihat bahwa dengan menggunakan tipe data SET kita bisa memilih nilai data lebih dari satu.

Posting Komentar

0 Komentar