Tipe Data Numerik pada MySQL

Suatu tabel di MySQL terdiri dari struktur tabel seperti kolom, key, tipe data, extra dan beberapa struktur lainnya. Kali ini kita akan membahas tipe data pada tabel mysql. Tipe data merupakan nilai yang dapat ditampung dalam suatu variable.  Tipe data bisa berupa Numerik, String, Date, dan jenis tipe data lainnya. Di tutorial kali ini kita akan membahas tipe data numerik pada MySQL.

Tipe Data Angka (Numerik)

Tipe data numerik merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai berupa angka. Tipe data numerik terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut:

TINYINT, akan menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat positif dan negatif. Untuk jangkauan nilai signed dari -128 sampai 127 sedangkan untuk jangkauan nilai unsigned dari 0-255.

SMALLINT, akan menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat positif dan negatif. Untuk jangkauan nilai signed dari -32768 sampai 32767 sedangkan untuk jangkauan nilai unsigned dari 0-65535.

MEDIUMINT, akan menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat positif dan negatif. Untuk jangkauan nilai signed dari -8388608 sampai 83886087 sedangkan untuk jangkauan nilai unsigned dari 0-16777215.

INT, akan menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat positif dan negatif. Untuk jangkauan nilai signed dari -2147483648 sampai 2147483647 sedangkan untuk jangkauan nilai unsigned dari 0-4294967295.

BIGINT, akan menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat positif dan negatif. Untuk jangkauan nilai signed dari -263 sampai 263-1 sedangkan untuk jangkauan nilai unsigned dari 264-1.

NUMERIC & DECIMAL. Di MySQL, NUMERIC diimplementasikan sebagai DECIMAL. MySQL menyimpan nilai DECIMAL dalam format biner. Jumlah digit maksimum untuk DECIMAL adalah 65, tetapi kisaran sebenarnya untuk kolom DECIMAL tertentu dapat dibatasi oleh presisi atau skala untuk kolom tertentu.

FLOAT dan DOUBLE. Jenis FLOAT dan DOUBLE mewakili perkiraan nilai data numerik. MySQL menggunakan 4 byte untuk nilai presisi tunggal pada FLOAT dan 8 byte untuk nilai presisi ganda untuk DOUBLE.

Atribut Tipe Data Numerik

Pada tipe data numerik kita bisa menambahkan atribut untuk mengatur sebuah kolom pada tabel MySQL. Atribut tipe data numerik terdiri dari beberapa jenis diantaranya sebagai berikut:

AUTO_INCREMENT

Atribut AUTO_INCREMENT merupakan atribut tipe data integer yang digunakan untuk menambahkan data secara otomatis setiap kali kita melakukan penambahan data (INSERT data) pada tabel. Atribut  AUTO_INCREMENT juga digunakan bersamaan dengan atribut NOT NULL dan kunci PRIMARY KEY. Atribut ini hanya dapat digunakan untuk satu kolom pada setiap tabel yang memiliki tipe data integer.

UNSIGNED

Semua tipe data integer (TINYINT,  SMALLINT,  MEDIUMINT,  INT,  BIGINT) dapat memiliki atribut UNSIGNED. Tipe UNSIGNED bisa digunakan untuk mengizinkan hanya angka non negatif dalam kolom atau saat kita membutuhkan rentang numerik yang lebih besar untuk kolom tersebut.

Atribut ini akan secara otomatis ditambahkan ketika kita menentukan ZEROFILL untuk kolom numerik.

ZEROFILL

Atribut ZEROFILL akan mengisi nilai pada kolom dengan nilai 0 hingga menampilkan lebar yang ditetapkan dalam definisi kolom. Atribut ZEROFILL akan diabaikan ketika kita menetapkan ekspresi UNION query.

Posting Komentar

0 Komentar