Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan JavaScript

Untuk mengembangkan suatu aplikasi web, kita membutuhkan beberapa bahasa pemrograman. Misalnya HTML untuk membuat konten web, CSS untuk mengatur tampilan web, PHP untuk mengubah web statis menjadi web dinamis dengan adanya fungsi interaktif dan lainnya. Salah satu bahasa pemrograman yang memiliki fitur interaktif seperti PHP ini adalah JavaScript. Kita ambil contoh menampilkan pesan error, perubahan saat klik pada tombol tertentu, terjadi perubahan efek, adanya animasi dan fitur-fitur interaktif lainnya.

Pengertian JavaScript

JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis Client-Side Programming Language. Client-Side Programming Language merupakan bahasa pemrograman yang seluruh programnya berjalan di sisi klien. Atau bisa juga diartikan sebagai bahasa pemrograman yang sebagian besar berkaitan dengan user interface.

JavaScript memiliki fitur-fitur interaktif untuk membuat suatu web menjadi lebih dinamis sama halnya dengan PHP. Yang membedakan adalah PHP termasuk bahasa pemrograman berbasis Server-Side, bukan Client-Side.

Di GitHub, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling populer jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya karena berbagai fitur yang dimilikinya.

Fungsi JavaScript

Secara umum, JavaScript berfungsi untuk membuat suatu aplikasi web menjadi lebih dinamis dengan adanya fitur-fitur interaktif yang disediakan. Beberapa fungsi lain dari JavaScript yaitu:

ü  Dapat melakukan interaksi dengan temporary storage (penyimpanan sementara).

ü  Dapat mengirimkan permintaan (Request) ke server.

ü  Dapat melakukan pengambilan data dari server (Retrieval Data).

ü  Dapat melakukan interaksi dengan penyimpanan local.

ü  Dapat menyediakan akses jarak jauh untuk program klient-server.

Dengan berbagai fungsi diatas, JavaScript akan meningkatkan tingkat fungsionalitas dan cara kerja dari suatu aplikasi web.

Keuntungan Menggunakan JavaScript

JavaScript memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya sangat berguna sebagai bahasa pemrograman untuk mengembangkan suatu aplikasi web, seperti:

ü  JavaScript membuat halaman suatu aplikasi web menjadi lebih dinamis dan interaktif.

ü  Kita dapat menggunakan bahasa pemrograman JavaScript untuk melakukan tindakan berdasarkan cara user berinteraksi dengan halaman web seperti klik mouse, pengiriman formulir, klik tombol, dan lainnya.

ü  JavaScript dapat menghemat kerja server dengan melakukan validasi data input dari user bahkan sebelum data dikirimkan ke server.

ü  JavaScript dapat digunakan untuk membuat panggilan HTTP asinkron untuk memuat data dari server.

ü  JavaScript dapat membuat halaman web untuk memberikan umpan balik (feedback) langsung kepada user sehingga user tidak perlu memuat ulang halaman berkali-kali.

Kekurang JavaScript

Disamping memiliki kelebihan atau keutungan dalam menggunakan suatu bahasa pemrograman, tentunya tidak akan lepas dari kekurangan karena ketatnya persaingan untuk menyediakan fitur yang lebih canggih dari banyaknya bahasa pemrograman tersebut. JavaScript juga memiliki kekurangan tersebut diataranya adalah sebagai berikut:

ü  JavaScript tidak mampu melakukan penulisan kode multi-threading atau multiprosesor.

ü  Jika user menon-aktifkan JavaScript pada browser, maka kode program JavaScript tidak dapat di proses karena JavaScript berbasis Client-Side yang dijalankan di browser.

ü  JavaScript hanya dapat digunakan untuk sisis klient saja yaitu untuk pengembangan sisi FrontEnd.

ü  Core JavaScript tidak dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi jaringan (Networking). JavaScript memiliki beberapa kerangka kerja yang tersedia seperti NodeJS namun tidak dapat digunakan untuk fungsi Networking. 

Posting Komentar

0 Komentar