Mengenal Operator OR dan AND pada MySQL

 

Di artikel sebelumnya tentang Menampilkan Data pada Tabel MySQL, kita telah membahas query SELECT bersamaan dengan penggunaan klausa WHERE. Klausa WHERE terdiri dari beberapa operator, salah satunya operator OR dan AND. Sama halnya dengan operator-operator lainnya, operator ini digunakan bersamaan dengan klausa WHERE untuk membuat kondisi dalam mengambil data pada suatu tabel dengan menggabungkan beberapa kondisi dalam satu perintah.

Operator OR

Operator OR digunakan untuk menggabungkan beberapa kondisi pada perintah SELECT. Operator OR merupakan operator logika untuk membandingkan kondisi boolean seperti true dan false. Jika dari kondisi yang ditetapkan terdapat salah satu kondisi yang bernilai true dan kondisi lainnya bernilai false maka nilai yang akan dikembalikan pun tetap bernilai true.

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel barang dengan data sebagai berikut:

Dari tabel di atas, kita akan menampilkan data pada tabel barang dengan 2 kondisi dimana nama_barang=‘Buku’ dan  harga_barang>3000 sebagai berikut:

Dari hasil query diatas, kita bisa lihat bahwa kedua kondisi sama-sama di eksekusi.

ü  Kondisi pertama, kita akan menampilkan data tabel barang yang hanya memiliki nama ‘Buku’ tanpa memperhatikan harga_barang.

ü  Kondisi kedua, kita akan menampilkan data tabel barang yang hanya memiliki harga>3000 tanpa memperhatikan nama_barang.

Untuk lebih jelasnya kita lihat perbandingan kedua kondisi diatas:

Dari perbandingan di atas, kita lihat bahwa:

ü  Pada kondisi pertama perintah diatas menampilkan nama_barang =‘Buku’ yang bernilai true namun pada baris pertama Buku dengan harga 2500 bernilai false karena tidak memenuhi kondisi kedua dimana harga_barang>3000.

ü  Pada kondisi kedua perintah diatas menampilkan nama_barang =’Buku’ dan harga_barang>3000 yang bernilai true untuk kondisi pertama dan kedua. Namun ditampilkan juga nama_barang lainnya selain buku yaitu Pulpen dan Penghapus dengan harga>3000 yang bernilai true untuk kondisi kedua namun bernilai false pada kondisi pertama.

Walaupun terdapat nilai true dan false, query diatas tetap dieksekusi karena salah satu dari kondisi bernilai true.

Operator AND

Sama halnya dengan operator OR, operator AND juga menggabungkan beberapa kondisi pada perintah SELECT dan juga merupakan operator logika. Berbeda dengan operator OR, semua kondisi yang ditetapkan pada operator AND harus bernilai true. Jika terdapat satu kondisi yang bernilai false, maka nilai yang akan dikembalikan pun akan bernilai false.

Dibawah ini contoh query operator AND. Untuk tabel sendiri kita masih menggunakan tabel barang sebagai berikut:

Dari tabel barang, barang dengan nama ‘Buku’ terdiri dari 2 baris namun yang memenuhi kondisi untuk harga_barang>3000 hanya 1. Dibawah ini kita coba untuk menampilkan barang dengan nama_barang=‘Buku’ dan harga_barang=2000.

Dari hasil diatas kita bisa lihat bahwa tidak ada data pada tabel barang yang memenuhi kedua kondisi tersebut. Artinya untuk operator AND hanya akan melakukan eksekusi jika semua kondisi bernilai true.

Posting Komentar

0 Komentar