Penggunaan Alias (AS) pada MySQL


Di MySQL kita mengenal adanya fungsi Alias (AS) yang berfungsi untuk mengganti nama kolom atau nama tabel namun tidak bersifat permanen. Nama kolom atau nama tabel hanya akan diganti ketika ditampilkan dengan perintah SELECT tanpa merubah nama yang asli pada tabel.

Penggunaan AS untuk nama kolom

Untuk menggunakan fungsi AS kita bisa menggunakan perintah di bawah ini:

ü  nama_kolom merupakan nama asli kolom pada tabel yang nantinya akan kita rubah sementara dengan fungsi AS.

ü  nama_kolom_alias merupakan nama alias yang akan ditampilkan dengan perintah select.

ü  nama_tabel merupakan nama tabel yang digunakan.

Di bawah ini kita akan menggunakan tabel barang dengan data sebagai berikut:

Dari tabel barang diatas kita akan coba menggunakan fungsi AS untuk merubah tampilan kolom nama_barang menjadi jenis_barang dengan query sebagai berikut:

Sekarang kita coba untuk menambahkan salah satu fungsi agregasi yaitu fungsi SUM dengan perintah sebagai berikut:

Seperti yang kita tahu, fungsi SUM digunakan untuk mendapatkan total jumlah field yang bernilai angka.

Dari hasil query diatas, kita bisa lihat bahwa total stok semua barang pada tabel barang sebanyak 870 dengan nama kolom alias yaitu total_stok_barang.

Penggunaan AS untuk nama tabel

Untuk menggunakan fungsi alias pada tabel kita gunakan fungsi INNER JOIN pada MySQL untuk menampilkan relasi beberapa tabel. Dibawah ini terdapat 3 tabel sebagai berikut:

Tabel barang:

Tabel pelanggan:

Tabel penjualan:

Untuk tabel penjualan sendiri memiliki relasi dengan tabel barang dan tabel pelanggan. Disini kita akan gunakan fungsi AS untuk menampilkan data penjualan barang, nama barang yang terjual beserta tanggal barang dijual dengan query sebagai berikut:

Dari query diatas akan ditampilkan kolom nama_barang dan tanggal_penjualan dari tabel penjualan dengan nama alias berupa ‘p’. kemudian kita gabungkan dengan tabel barang dengan nama alias ‘b’ dimana id_barang pada tabel penjualan sama dengan id_barang pada tabel barang.

Posting Komentar

0 Komentar