Menjalankan File PHP Menggunakan XAMPP

 

Pada tutorial kali ini akan dibahas cara untuk menjalankan file PHP menggunakan XAMPP. XAMPP merupakan Software untuk membuat suatu Web Server yang terdiri dari beberapa paket modul seperti Apache, MySQL, FileZilla, Mercury dan Tomcat.

Menjalankan Modul Apache pada XAMPP

Modul Apache merupakan salah satu modul XAMPP yang digunakan sebagai suatu server untuk menghubungkan user dan browser. Untuk menjalankan modul Apache ini kita cukup klik start pada kolom actions seperti gambar di bawah ini:

Membuat File PHP

Untuk membuat file PHP, kita membutuhkan suatu aplikasi untuk menyusun suatu kode program yaitu text editor. Kita bisa menggunakan beberapa text editor seperti Sublime Text, Notepad++, Visual Code Studio dan beberapa text editor lainnya yang bisa kita dapatkan secara gratis.

Di bawah ini kita akan membuat kode program php dengan struktur kode sebagai berikut:

Kode program diatas kita simpan dengan nama “belajar_php1.php”. Perlu kita ingat bahwa agar dapat dibaca dan dijalankan, kode program diatas harus kita simpan dengan extensi “.php”.

File tersebut harus kita simpan ke dalam direktori htdocs sebagai berikut:

Apa itu direktori htdocs?

Direktori htdocs merupakan direktori yang secara khusus digunakan untuk menyimpan file-file PHP yang terdapat di dalam direktori xampp, yang nantinya akan kita dijalankan di browser. Untuk mengakses direktori ini melalui browser, kita ganti menjadi localhost pada laman URL diikuti dengan direktori dan file php yang akan kita jalankan.

Menjalankan File PHP

Untuk menjalankan file PHP, kita bisa akses melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau browser lainnya dengan mengetikkan URL sebagai berikut:

Dari URL diatas, kita bisa lihat bahwa:

ü  “localhost” merupakan suatu alamat sebagai pengganti direktori htdocs yang digunakan untuk mengakses web server.

ü  “belajar_php1.php” merupakan file php yang terdapat di directory htdocs yang saat ini akan kita jalankan.

ü  Untuk output dari file php diatas masih berupa teks biasa yaitu: “Mari Belajar PHP”.

Posting Komentar

0 Komentar