Menggabungkan Beberapa Statement Select Menggunakan UNION & UNION ALL pada MySQL

Di MySQL, fungsi UNION dan UNION ALL digunakan untuk menggabungkan beberapa statement SELECT ke dalam satu hasil query. Jika fungsi UNION menghilangkan duplikasi data pada tabel saat ditampilkan dengan perintah SELECT, maka UNION ALL akan menampilkan seluruh data pada tabel saat dieksekusi. Untuk bisa menggunakan fungsi UNION ini, terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi diataranya sebagai berikut:

ü  Setiap pernyataan SELECT pada tabel yang dikenakan fungsi UNION harus memiliki jumlah kolom yang sama.

ü  Kolom pada tabel harus memiliki tipe data yang sama dan berada pada urutan yang sama.

Fungsi UNION

Di bawah ini kita akan gunakan dua tabel dengan data sebagai berikut:

Tabel 1 “barang2”:

Tabel 2 “barang3”:

Dari kedua tabel barang diatas, kita bisa lihat terdapat beberapa data yang memiliki nama yang sama yaitu “Penghapus”, “Buku”, dan “Pensil”. Sekarang kita akan gunakan fungsi UNION untuk menampilkan nama barang dari kedua tabel dengan 1 query SELECT sebagai berikut:

Dari query diatas, kolom nama_brg1 pada tabel barang2 dan kolom nama_brg2 dari tabel barang3 akan ditampilkan ke dalam satu kolom hasil query. Dengan fungsi UNION, duplikasi baris data seperti “Penghapus”, “Buku”, dan “Pensil” akan dihilangkan.

Fungsi UNION ALL

Jika fungsi UNION menghilangkan baris data yang sama, maka UNION ALL akan menampilkan seluruh isi kolom tanpa menghapus duplikasi data. Dibawah ini kita coba menggunakan fungsi UNION ALL dengan query sebagai berikut:

Dari hasil query diatas kita bisa lihat seluruh data pada kedua tabel ditampilkan semuanya dalam satu kolom hasil query.

Posting Komentar

0 Komentar